Daftar DNS Pribadi Android Siap Pakai

Dns Pribadi Android

DNS Pribadi Android – Halo Sobat! Apakah kamu pernah mendengar istilah DNS? DNS merupakan singkatan dari domain name server atau sistem penamaan domain. Sedangkan menurut istilah DNS merupakan suatu sistem yang bisa mengubah URL website dalam bentuk IP address. Mengapa demikian? Karena tanpa DNS kamu harus mengetik alamat IP secara lengkap ketika kamu akan mengunjungi suatu website.

Lalu Bagaimana cara menyetel DNS pribadi Android? Cara yang bisa kamu lakukan yang pertama yaitu kamu harus paham terlebih dahulu mengenai sistem operasi Android yang kamu gunakan.

Karena dalam mengatur DNS pribadi ini kamu harus mengetahui jenis dari sistem operasi karena biasanya sistem operasi Android terbagi menjadi dua yaitu untuk Android 9 ke atas dan 8 ke bawah.

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi apa itu DNS hingga daftar DNS pribadi Android yang siap pakai.

Simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu DNS?

Dns Pribadi Android
Dns Pribadi Android

Domain Name Server (DNS) atau dalam bahasa Indonesia disebut Sistem penamaan domain adalah salah satu sistem yang dapat berubah alamat URL ke alamat IP.

Ketika kamu akan mengakses internet biasanya kamu perlu mengetik alamat IP sebuah website untuk menuju ke website tersebut. Itu berarti kamu harus memiliki daftar lengkap alamat IP suatu website yang akan kamu kunjungi dan Nantinya dimasukkan secara manual.

Ternyata, DNS bisa membantu para penggunanya untuk meringkas pekerjaan loh sobat. Caranya yaitu tinggal Masukkan nama domain dalam alamat bar yang kemudian DNS akan menterjemahkan domain tersebut ke alamat IP.

Fungsi Domain Name Server

Domain Name server memiliki tiga fungsi yaitu sebagai berikut:

  • Mencari url yang tepat dan cocok untuk mengirimkan sebuah email
  • Meminta informasi alamat IP dari sebuah situs website yang dilihat dari domain yang dipakai
  • Meminta informasi url dari sebuah situs website berdasarkan alamat IP yang di enter

Mengatur DNS pribadi Android 8 ke bawah

Untuk mengatur DNS pribadi Android 8 ke bawah belum tersedia. Tetapi para penggunanya bisa menghubungkan ke jaringan wi-fi yang yang nantinya akan merubah DNS pribadi sendiri.

Nah, caranya yaitu saat akan terhubung ke wi-fi, silakan ubah IP dari DHCP menjadi IP statis lalu pada menu masukan Domain Name server.

Mengatur DNS Pribadu Android 9 ke atas

  • Silakan masuk ke setting smartphone lalu masuk pada menu jaringan & internet
  • Kemudian pilih DNS pribadi dengan membukanya pada layar yang akan muncul di Pop Up layar
  • Lalu pilih host name penyedia DNS pribadi dan isi kolom yang tersedia dengan hostname DNS sesuai dengan Domain Name server yang kamu gunakan
  • Selesai. Jika sudah maka DNS akan otomatis tersambung

Lihat juga: https://adjava.netlify.app/posts/hapus-background

Akhir Kata

Itulah informasi Bagaimana cara mengatur DNS pribadi Android untuk Android 9 ke atas dan Android 8 ke bawah.

Perlu diketahui di sini untuk alamat IP dan Gateway dari SSID wi-fi nantinya akan dihubungkan. Untuk solusinya silakan download aplikasi tertentu di Google Play Store misalnya aplikasi 1.1.1.1 dan lain sebagainya.

Terima kasih semoga membantu